Rabu, 01 Juni 2011

BAHAYANYA ROKOK BUAT KESEHATAN



Dampak Rokok


 

Ada berbagai hal yang menjadi latar belakang seseorang menjadi perokok. Awalnya mungkin hanya rasa penasaran dan sekedar ingin mencoba. Namun efek adiksi yang ditimbulkan oleh nikotin membuat sebagian besar orang terbawa ke dalam ketergantungan seumur hidup terhadap tembakau.
Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan 1 dari 10 kematian pada orang dewasa disebabkan oleh penggunaan tembakau. Pada tahun 2005, penggunaan tembakau menyebabkan 5,4 juta kematian atau rata-rata satu kematian setiap 6 detik. Bahkan pada tahun 2030 diperkirakan jumlah kematian mencapai angka 8 juta.
Saat sebatang rokok disulut dan asapnya mulai diisap, sejumlah bahan kimia akan beredar ke berbagai organ vital dalam tubuh, yakni paru-paru, jantung dan pembuluh darah. Tubuh akan terkontaminasi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dan kecanduan.
Asap rokok mengeluarkan lebih dari 40 bahan kimia penyebab kanker, juga sejumlah kecil racun lainnya seperti arsen dan sianida serta lebih dari 4000 bahan kimia lainnya.
Salah satu bahan kimia dalam rokok adalah nikotin. Nikotin akan membuat anda ketagihan rokok dan membuat kecanduan. Nikotin akan meningkatkan zat kimia otak yang disebut dopamin, yang akan membuat anda merasa senang. Dopamin inilah yang mengakibatkan proses kecanduan tersebut.
Karbonmonoksida yang anda hirup dari asap rokok menggantikan oksigen di sel-sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak dan organ tubuh lainnya. Merokok juga mematikan indra pengecap dan penciuman sehingga makanan tidak lagi selezat biasanya.
Efek langsung yang dialami oleh orang yang merokok misalnya: aktivitas otak dan sistem saraf yang mula-mula meningkat lalu kemudian menurun, perasaan euforia ringan, merasa relaks, meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung, menurunnya aliran darah ke anggota badan seperti jari-jari tangan dan kaki, pusing, mual, mata berair, asam lambung meningkat, menurunnya nafsu makan, dan berkurangnya indera pengecap dan pembau.
Sementara efek jangka panjang dari penggunaan tembakau adalah timbulnya berbagai penyakit, antara lain:
  • Kecanduan nikotin
  • Berbagai macam kanker, terutama kanker paru, ginjal, tenggorokan, leher, payu dara, kandung kemih, pankreas dan lambung. Satu dari enam pria perokok akan menderita kanker paru.
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah: stroke dan penyakit pembuluh darah tepi.
  • Penyakit saluran pernapasan: flu, radang saluran pernapasan (bronkhitis), penyakit paru obstruktif kronis.
  • Cacat bawaan pada bayi dari ibu yang merokok selama kehamilan.
  • Penyakit Buerger
  • Katarak
  • Gangguan kognitif (daya pikir): lebih rentan terhadap Penyakit Alzheimer (pikun), penyusutan otak.
  • Impotensi
Survey tahun 1981-1997 pada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, sedang, dan tinggi, menunjukkan bahwa pada kelompok ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah, pengeluaran untuk merokok naik 227 persen, yaitu dari Rp. 343 per orang per hari menjadi Rp. 779 per orang per hari. Saat ini diperkirakan lebih besar lagi seiring dengan kenaikan harga barang. Perokok harus disadarkan begitu besar biaya yang harus dikeluarkan dari merokok.
Ini merupakan suatu beban ekonomi yang berat mengingat lebih dari separuh pengeluaran digunakan untuk pemenuhan kebutuhan makan. Jelas terlihat dampak merokok terhadap proses pemiskinan. Pengeluaran untuk rokok sebenarnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga (anak balita), khususnya pada keluarga miskin.
Seorang ahli ekonomi kesehatan Soewarta Kosen menyatakan total biaya konsumsi tembakau adalah Rp. 127,4 triliun yang digunakan untuk belanja tembakau, biaya pengobatan akibat sakit mengkonsumsi tembakau, kecacatan dan kematian dini. Jumlah tersebut setara dengan 7,5 kali lipat penerimaan cukai tembakau pada tahun yang sama yaitu Rp 16,5 triliun. Jadi sebenarnya tidak ada keuntungan yang diperoleh negara dari tembakau. Fenomena seperti ini juga terjadi di semua negara.

10 DAMPAK NEGATIF ROKOK  LAINNYA

1. Sadar atau tidak merokok merugikan kantong anda, anda megeluarkan uang anda hanya untuk membeli asap. yang anda hirup lalu anda buang. asap yang anda hirup membunuh organ tubuh anda secara perlahan, yang anda keluarkan membunuh secara pelan-pelan orang yang ada disekitar anda.
2. Merokok menurunkan stamina dan kebugaran anda. apakahanda sebagai perokok yang terbiasa rutin melakukan push up, lari dan olahraga lainya yang membutuhkan tenaga, percaya atau tidak ketika anda melakukan aktifitas tersebut anda akan gampang lelah dan jauh melebihi kebiasaasn anda
3. Merokok membuat kulit anda kusam dan terlihat tidak sehat
4. Merokok bisa menimbulkan kematian terhadap bayi
5. Merokok bisa membuat daya sex ada menurun
6. Merokok bisa menimbulakn impotensi
7. Bagi wanita, merokok bisa mengurangi kesuburan anda, bagi anda yang ingin segera mempunyai keturunan sudah saatnya anda berhenti
8. Bila wanita hamil merokok bisa beresiko kelahiran yang premature
9. Anda bisa terserang kanker
10. Dan yang pasti bau mulut anda menjadi tidak sedap
Pastinya masih banyak yang lainnya bila saya jabarkan kepada anda bahwa banyak sekali dampak negative merokok diluar dari 10 dampak negatif dari merokok. Pikirkan mulai sekarang apakah anda mau menukar nyawa anda hanya untuk sesuatu yang tidak bergua bahkan merugikan anda tidak hanya secara keuangan tapi juga secara kesehatan khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar